//
you're reading...
Mobil dan Motor, Tips dan opini

Irit dan Hemat Bahan Bakar Mobil dengan 5 Langkah

Untuk menghemat konsumsi bahan bakar mobil kita, lakukan 5 langkah berikut:

Hemat Bahan Bakar, Hemat Pengeluaran

  1. Pastikan tekanan udara pada ban sudah sesuai dengan rekomendasi pabrik. Tekanan ban yang kurang, membuat laju kendaran menjadi berat. Tekanan udara yang terlalu tinggi membuat mobil terasa keras dan bisa memperpendek usia shock absorber.Satuan tekanan udara yang umum digunakan adalah psig (pressure square inch/tekanan per inchi persegi). Contoh tekanan untuk mobil Toyota Avanza, depan 32 psig dan belakang 35 psig. Tekanan udara ban kiri dan kanan harus sama untuk keseimbangan kendaraan. Sedangkan untuk depan belakang biasanya depan sedikit lebih rendah karena beban muatan lebih banyak pada bagian roda belakang kendaraan.
  2. Perhatikan kecepatan kendaraan dan putaran mesin. Usahakan berkendara dengan kecepatan jelajah yaitu 60-80 km/jam, pada gigi maksimum (untuk transmisi manual). Pada kondisi ini biasanya RPM mesin berada pada posisi 2000 – 3000 rpm. Jangan memaksakan akselerasi kendaraan secara berlebihan, terutama pada kondisi macet. Menaik turunkan kecepatan dengan drastis dan berulang-ulang juga membuat konsumsi bahan bakar kendaraan akan meningkat. Hindari berhenti dengan mendadak. Misal dari jauh sudah kelihatan lampu merah, pindah gigi ke netral dan lepas pedal gas, sehingga anda hanya perlu sedikit mengerem untuk berhenti.
  3. Setel suhu AC pada kondisi yang minimum, yaitu asal suhu tidak membuat anda berkeringat. Penyetelan AC untuk membuat suhu dalam mobil dingin sekali sehingga anda harus memakai jacket, hanya memboroskan bahan bakar. Untuk perjalanan jauh, rencanakan menempuhnya pada waktu malam hari. Selain udara malam yang dingin sehingga AC tidak bekerja keras, lalu lintas yang cukup sepi juga membuat anda tidak terlalu sering menaik turunkan kecepatan.
  4. Bila berhenti cukup lama, lebih baik matikan mesin dan keluar dari mobil. Menunggu dalam mobil dengan mesin dan AC menyala membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.
  5. Lakukan tune up secara berkala. Performa mesin yang optimum membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Ganti busi, olie dan part lain yang perlu bila memang sudah waktunya. Pastikan mobil sudah terspooring dan balancing dengan benar. Mitos bahwa suhu mesin yang dingin menunjukkan performa mesin yang bagus adalah salah. Suhu optimum mesin adalah 80-90oC. Ketika kondisi suhu mesin dibawah suhu 80oC, pembakaran masih kurang sempurna sehingga konsumsi bahan bakar juga akan meningkat. Jangan mengganti radiator dengan ukuran yang lebih besar, hanya untuk mendapatkan temperature mesin yang dingin.

Demikian 5 langkah yang bisa kita lakukan sehingga konsumsi bahan bakar mobil kita menjadi lebih irit. Ingat jika anda bisa mengubah konsumsi bahan bakar mobil dari 1:9 (1 liter bensin untuk jarak tempuh 9 kilometer) menjadi 1:10, itu artinya anda menghemat kurang lebih 10%. Bila penggunaan BBM anda sebulan adalah Rp 1.000.000,-, dan anda bisa hemat 10% maka artinya anda bisa menghemat Rp 100 ribu per bulan atau Rp 1,2 juta per tahun. Nilai yang lumayan kan?

Semoga bermanfaat.

Discussion

One thought on “Irit dan Hemat Bahan Bakar Mobil dengan 5 Langkah

  1. Di kala harga bbm semakin mahal, melakukan pernghematan penggunaan BBM akan sangat bermanfaat
    karakter anak.

    Posted by kaos karakter | November 14, 2015, 9:11 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Anda pengunjung ke:

  • 27,593

Kalender tanpa pasaran

June 2012
M T W T F S S
« May   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Kontak via YM

Facebook

Visitors

%d bloggers like this: