//
you're reading...
Motor Antik

Motor Tua AJS 1956

Motor tua ini saya beli kurang lebih 3 yang lalu. Tidak salah memang kalau motor ini memang salah satu motor impian saya. Ketika melihat motor ini, motor ini distarter sama pemiliknya dan langsung menyala dalam sekali sela. Dan sayapun langsung jatuh hati pada motor ini.

AJS 1956 ini memang sudah tidak banyak lagi populasinya. Bisa dikatakan sudah jarang ada yang jual motor tua antik seperti AJS 16MS ini. Waktu saya beli keadaannya sudah cukup rapi. Kelihatan kalo pemilik juga suka merawat motor. Tapi sayang, untuk urusan mesin pemilik rupanya kurang perhatian atau mungkin kurang mengerti. Saya harus mengganti kampas kopling dan menambah pelatnya pada gearbox agar waktu oper gigi bias halus. Dan terlebih lagi bisa berhenti total ketika dikopling. Tidak seperti keadaan sebelumnya yang saya harus pandai-pandai mengatur waktu saat di lampu merah, keadaan gigi harus netral, atau motor akan mati karena kopling yang tidak sempurna, sekarang motor bisa berhenti sempurna hanya tanpa menetralkan gigi dan mematikan mesin ketika direm untuk berhenti. Perbaikan lain yang harus saya lakukan adalah bosing tromol depan yang sudah oval sehingga, rem depan kurang berfungsi dengan baik. Secara umum, keadaan motor AJS ini sangat bagus. Meskipun beberapa bagian tidak orisinal, tetapi secara keseluruhan motor ini sangat sehat dan tidak pernah memberi masalah yang berarti ketika saya kendarai.

Oh ya, bagaimana suaranya? Saya kira, tidak seperti motor-motor keluaran baru, motor buatan Inggris tahun 1956 ini mempunyai suara yang khas, yaitu suara khas motor udug yang suara antar ledakan pembakaran mempunyai jedah satu dengan yang lain. Bandingkan dengan motor-motor jaman sekarang, Dengan mesin tunggal, panjang stroke AJS 16MS ini adalah 93mm dan sistem 4 langkah sudah pasti suaranya terdengar merdu bagi penggemar motor tua antik. Type 16MS ini mempunyai  kapasitas silinder 350cc, dan untuk kapasitas 500cc adalah type 18MS.

Disain stroke yang panjang ini menurut saya adalah berhubungan dengan daya jelajah motor agar bisa lebih bagus atau lebih jauh. Tetapi kompensasi dari stroke yang panjang ini juga mengakibatkan akselerasi motor jadi kurang spontan. Tetapi saya selalu membayangkan pada era itu, belum ada kemacetan lalu lintas, jadi akselerasi yang lambat bukanlah suatu masalah yang besar. Justru daya jelajah lah yang penting saat itu karena bisa jadi motor ini pengganti mobil untuk bepergian jarak jauh.

Bagaimana dengan kelistrikan? Lupakan lampu sign, indikator bensin, atau dobel starter. Dalam keadaan standar, motor ini memang tidak dilengkapi bagian itu. Hanya saja, untuk memudahkan saat starter, motor ini mempunyai apa yang disebut compression release, atau yang bahasa motornya “klepter” untuk membuang kompresi. Asal sebelum menyela motor ini, kita membuang kompresinya (ada teknik tersendiri untuk melakukan ini), starter motor jauh lebih ringan daripada menstarter Honda GL Max secara manual. Untuk pengapian, ada sedikit modifikasi, karena ketika saya beli motor ini sudah menggunakan alternator untuk pengisian aki dan menggunakan CDI DC untuk pengapian, sehingga tanpa aki, motor ini tidak akan bisa nyala.

Untuk konsumsi bahan bakar, motor ini juga tidak terlalu boros. Konsumsi 1 liter premium yang kurang lebih bisa untuk menempuh jarak 25-30 km saya kira masih bisa diterima, mengingat volume silinder mesin yang mencapai 350 cc. Kapasitas tangki yang lebih dari 10 liter, membuat motor ini mampu menempuh jarak 200-300km tanpa henti.

Sayang, saya belum pernah melakukan turing dengan jarang lebih dari 100 km dengan motor ini. Bukannya tidak suka atau motor tidak sanggup, tetapi waktu yang belum saya punyai. Saya yakin, motor ini mampu dikendarai hingga 300-400km tanpa berhenti. Tapi saya juga yakin, punggung dan pinggang pengendaranya yang tidak akan mampu menempuh jarak sejauh itu tanpa istirahat. Jadi, untuk turing harus dilakukan santai, sering istirahat dan menikmati perjalanan. Santai berarti membutuhkan waktu banyak, sedangkan pekerjaan masih membutuhkan perhatian lebih banyak.. Entah kapan saya bisa ikut turing bersama teman-teman penggemar motor tua. Mudah-mudahan secepatnya, karena saya bertekad harus bisa ikut turing dengan jarak paling tidak 1000 km.

Ingin tahu rasanya naik motor ini? Silakan datang ke rumah untuk mencobanya.

Discussion

8 thoughts on “Motor Tua AJS 1956

  1. Mas tahu bengkel motor tua di surabaya?

    Posted by Teguh | July 23, 2012, 12:31 pm
  2. Hallo Mas Teguh, salam kenal. Posisi dimana mas? Motornya apa? Kalo bengkel ada beberapa sih. Di semolowaru ada, namanya Bengkel Inayah (kalo gak salah).
    Soalnya, kalo saya biasanya ada temen yg biasa betulin motor2 tua. Biasanya dibetulin di rumah saya atau kalo berat ya dibawa ke rumahnya.

    Posted by ichwanmuchtaram | July 24, 2012, 3:48 am
  3. AJSnya dijual ta Mas

    Posted by cahyo | August 2, 2012, 5:39 am
  4. This is really attention-grabbing, You’re an overly skilled blogger. I’ve joined your rss feed and sit up for seeking more of your wonderful post. Additionally, I have shared your web site in my social networks

    Posted by emas batangan | December 14, 2012, 3:54 am
  5. Kira” masih ada pa ga yg mw jual mtor tua,

    Posted by Eko pradana | January 12, 2013, 12:34 am
  6. Mantab Mas, sundul sesama pemilik 16MS

    Posted by Firman | July 8, 2013, 3:28 am
  7. boleh dong saya mencoba, saya pecinta motor tua, dan terinspirasi untuk merubah motor saya menyerupai AJS, tp ya hanya stylenya saja, mesin pake bawaan, mungkin kalo jodoh qt bertemu dan saya akan mencoba mengendarainya…

    Gusanos

    Posted by Gusanos | August 20, 2013, 6:41 am
  8. saya ada ajs komplit surat hidup, untuk restorasi saya kerjakan sendiri, tpi g terima pasien, maklum usia sudah waktunya istirahat, maklum sdh jadi eyang

    buanos

    Posted by Buanos | October 19, 2013, 3:01 am

Leave a Reply

Anda pengunjung ke:

  • 27,593

Kalender tanpa pasaran

April 2012
M T W T F S S
« Feb   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kontak via YM

Facebook

Visitors

