//
you're reading...
Mobil dan Motor, Tips dan opini

Tips Membeli Mobil Bekas

Membeli mobilbekas adalah pilihan yang paling tepat ketika kondisi dana kita terbatas sedangkan kebutuhan mobil cukup mendesak.

Tidak seperti membeli mobil baru, untuk memilih mobil bekas dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Ketelitian disini adalah bagaimana kita jeli dan teliti dalam memilih mobil-mobil yang menjadi target kita. Sedangkan ketelatenan sangat dibutuhkan mengingat kita harus telaten dalam berburu, melihat, dan membandingkan yang tujuan akhirnya adalah mendapatkan mobil yang paling bagus kondisinya. Kondisi dan harga biasanya berbanding lurus, tetapi jika kita beruntung seringkali mendapat mobil dengan kondisi bagus dengan harga termurah. Yang perlu diingat adalah kualitas mobil bekas pasti berbeda-beda meskipun merk dan tahun pembuatannya persis sama. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mobil bekas.

1. Asal usul mobil

A. Latar belakang pemilik mobil sebelumnya

Hal ini cukup penting mengingat kondisi mobil sangat tergantung pada si empunya. Bila terlihat bahwa pemilik orang yang rajin, rapi dan suka merawat mobil bisa kita beri nilai lebih.

B. Tangan ke berapa

Mobil tangan pertama kebanyakan kondisinya lebih bagus dibanding tangan kedua, ketiga dan seterusnya.

C. Dari kota mana saja

Asal mobil juga berpengaruh terhadap kondisinya. Misal, asal mobilbekas surabaya yang udara dan airnya bersifat korosif membuat kondisi mobil terutama bagian bodi lebih cepat keropos dibandingkan mobilbekas asal Malang. Asal usul mobil bisa kita lihat dari BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor)

D.  Apakah mobil atas nama penjual atau orang lain. Bila atas nama penjual sendiri, kita bisa menanyakan apa masih boleh pinjam KTP untuk pembayaran pajak. Ini bisa menambah nilai juga.

E. Pastikan bahwa mobil yang akan kita beli  bukan mobil curian dan sebagainya. Untuk lebih yakinnya, bisa dibuat kesepakatan, bila harga sudah cocok, maka mobil akan di bawa ke SAMSAT untuk cek fisik, untuk membuktikan mobil tidak bermasalah secara hukum.

Jangan malu-malu atau sungkan-sungkan untuk menanyakan apapun mengenai legalitas mobil yang anda incar kepada penjual.

2. Kondisi Fisik

A. Bodi (bagian luar)

– Pastikan keropos tidaknya, terutama bagian bawah.

– Cat masih ori atau tidak. Cat ori meskipun sudah pudar nilainya lebih tinggi dibanding cat ulang yang mengkilat.

– Ketuk-ketuk seluruh bagian mobil. Bodi yang tanpa dempul, bunyinya lebih nyaring.

– Lihat kelurusan bodi mobil. Tutup mesin harus lurus dan menutup sempurna dengan bodi mobil. Bila tidak, bisa menjadi indikasi mobil pernah tabrakan.

– Buka tutup semua pintu. Sama seperti tutup mesin, pastikan semua pintu membuka dan menutup sempurna.

– Buka bagasi belakang. Bila membuka dan menutup sempurna, kecil kemungkinan mobil pernah ditabrak dari belakan hingga rusak parah.

B. Bagian Dalam

– Lihat apakah interior mobil dalam keadaan bagus dan orisinal. Interior kabin yang orisinal atau yang sudah di bekled lagi relatif bagi beberapa orang. Tapi kalau saya, lebih menyukai yang orisinal, meskipun pudar.

– Nyalakan mesin, dan coba semua panel dan instrumen. Lampu, sign kiri kanan, hasard, wiper pastikan masih berfungsi dengan baik dan yang paling penting kondisi AC bila memang ada. AC dalam kondisi prima akan segera dingin ketika dinyalakan. Jangan sekali-sekali percaya, ketika AC dinyalakan dan tidak bisa dingin, kemudian penjual menyatakan hanya perlu isi freon. Isi freon memang murah, tetapi logikanya, kalo AC memang tidak ada masalah kenapa freon tidak diisi ketika mobil akan dijual? Besar kemungkinan tidak hanya freon. Bila anda memang berniat dengan mobil tersebut, anda harus mengurangi sekitar 2-3 juta rupiah atau bahkan lebih (tergantung merk Ac atau merk mobil) dari harga mobil untuk mengganti AC tersebut.

C. Bagian Mesin

– Periksa bagian bawah mesin apakah kering atau ada rembesen olie. Adanya rembesan olie menandakan bahwa seal-seal mesin sudah tidak bagus lagi.

– Periksa kerangka depan dan radiator, apakah lurus atau bekas diluruskan. Ini bisa menjadi petunjuk bahwa mobil sudah pernah menabrak hingga ringsek atau tidak.

– Nyalakan mesin. Bila tidak ada kesulitan, berarti mesin dalam kondisi bagus. Tetapi harus diingat, bisa saja mesin dalam kondisi panas pasti lebih mudah dinyalakan dibanding dalam keadaan dingin. Disini diperlukan kejelian kita. Bila mesin memang baru dinyalakan setelah menginap, periksa lubang knalpot di belakang. Mesin yang sehat, akan mengeluarkan asap berupa uap air, bahkan bisa sampai ada air yang menetes.
– Kendarai mobil. Periksa apakah perpindahan semua gigi normal. Begitu juga dengan fungsi rem. Sekali lagi pastikan semua panel berfungsi. Bila anda ragu dengan fungsi-fungsi tombol atau switch di kabin, jangan malu-malu untuk bertanya pada pemilik.

– Untuk memeriksa fungsi rem tangan. Pada saat mobil berhenti, tarik rem tangan hingga penuh. Kemudian jalankan mobil. Bila mesin mati, maka rem tangan masih berfungsi dengan baik. Ini juga untuk memastikan bahwa kampas kopling pada mesin masih bagus.

Demikian beberapa tips bila anda berniat membeli mobilbekas. untuk merawatnya, silakan buka tips berikut. Semoga berhasil

Discussion

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Cara Perawatan Mobil | Jelajah Surabaya - April 13, 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Anda pengunjung ke:

  • 27,593

Kalender tanpa pasaran

April 2012
M T W T F S S
« Feb   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kontak via YM

Facebook

Visitors

%d bloggers like this: