//
you're reading...
Mobil dan Motor

Cara Perawatan Mobil

Mobil kita selain alat transportasi juga merupakan barang investasi kita. Sebagai alat transportasi, mobil harus dalam keadaan prima sehingga ketika kita perlukan, mobil dapat dikendarai dengan lancar dan tidak rewel. Bila mobil yang kita kendarai rewel, maka ketika kita mengendarai mobil tersebut bukannya terbantu tetapi malah disusahkan dengan keadaan-keadaan yang tidak menyenangkan. Bayangkan ketika bepergian, tiba-tiba aki tekor dan tidak bisa distarter. Atau ketika di daerah yang jauh dari rumah, tiba-tiba jalan mobil kita tersendat-sendat. Sangat merepotkan. Perawatan mobil juga perlu dilakukan terutama apabila kendaraan kita tersebut mobilbekas asal surabaya yang cenderung dekat laut sehingga mudah keropos. Untuk mengetahui tips membeli dan memilih mobil bekas, silakan buka link berikut
Sebagai barang investasi, kita berharap mobil yang kita beli nilainya tidak cenderung turun. Kita berharap, harga mobil kita setidak-tidaknya selalu sama dengan ketika kita beli, atau syukur-syukur bisa naik banyak.
Cara perawatan mobil kita bagi menjadi dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam termasuk mesin.
1. Bagian Luar
Perawatan pada bodi mobil memang tidak berdampak besar pada kinerja mobil, tetapi tanpa perawatan atau perawatan yang salah bisa mengakibatkan penampilan mobil menjadi turun kualitasnya dan memberikan kesan kusam dan jelek. Hal ini tentu saja mempengaruhi harga jual bila mobil kita anggap sebagai barang investasi.
Untuk mobil dengan cat standar pabrik atau cat ori, sebenarnya sudah didisain untuk tahan terhadap panas, bahan kimia yang bersifat lunak dsb. Untuk pencucian harian bisa kita lakukan sendiri di rumah, pertama-tama pastikan bahwa mobil dalam keadaan tertutup rapat, kemudian semprot atau siram seluruh bodi mobil dengan air bersih, usahakan untuk menggunakan air dengan pH netral. Setelah dibasahi, gunakan shampo mobil, atau shampo rambut yang murahan bila ingin berhemat. Gosok dengan spons atau bahan lain yang lembut. Setelah semua dipastikan tersabut, bilas hingga bersih dengan disemprot atau disiram. Setelah dibilas dengan bersih, keringkan bodi mobil dengan lap kering atau kanebo. Buka semua pintu pada waktu dilap, pastikan air yang masuk ke sela-sela pintu telah dilap hingga kering, hal ini untuk mencegah terjadinya karat.
Seminggu atau dua minggu sekali sebaiknya mobil dicucikan di pencucian mobil yang mempunyai alat hidrolis untuk mengangkat mobil, hal ini agar bagian bawah mobil bisa dibersikan secara rutin. Yang perlu diperhatikan adalah, bila digunakan pengkilat cat, gunakan yang direkomendasikan oleh pabrik. Mobil keluaran tahun 2000 ke atas, pada umumnya diberi lapisan wax di atasa catnya.

2. Bagian Dalam
Untuk bagian dalam atau kabin mobil, pembersihannya tidak perlu menggunakan air. Pertama-tama bisa mengeluarkan karpet mobil. Kemudian sapu atau gunakan vacum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran. Gunakan kapas atau kain yang dibasahi alkohol untuk membersihkan noda di dashboard atau plafon mobil.

3. Perawatan mesin
Untuk mobil dengan usia di bawah 5 tahun, cukup dilakukan service berkala sesuai standard pabrik, biasanya sudah mencukupi. Beberapa bagian yang perlu mendapat perhatian lebih:
A. Kondisi aki
Air aki bisa dicek seminggu sekali, dan tambahkan air suling bila level air berada di bawah garis yang direkomendasikan.
B. Radiator
Selalu gunakan air radiator coolant sesuai dengan standard pabrik. Bila sekarang mobil anda masih menggunakan air biasa, segera ganti dengan air dengan radiator coolant. Memang air ini lebih mahal dari harga air biasa, tetapi percayalah, biaya yang anda keluarkan untuk perawatan kelak akan jauh lebih mahal bila menggunakan air biasa. Air biasa akan menimbulkan kerak pada saluran pendingin pada mobil. Untuk mobilbekas terutama dari daerah dekat laut misalnya surabaya dengan usia lebih dari 5 tahun perlu dilakukan flushing atau pembersihan kerak pada saluran radiator. Anda bisa membersihkan kerak-kerak tersebut dengan jalan memberi radiator flushing kemudian bilas dengan air bersih, baru kemudian menggunakan radiator coolant.
C. Pemeriksaan Olie

Pemeriksaan olie mesin perlu dilakukan bila usia mobil lebih dari 5 tahun. Hal ini untuk mencegah habisnya olie pada mesin mobil. Olie pada mesin ini bisa berkurang atau habis karena seal-seal mesin yang sudah aus sehingga menetes atau masuknya olie ke ruang bakar jg bisa mengakibatkan olie berkurang atau habis.

4. Perawatan Kaki-kaki
Kaki-kaki mobil meliputi sistem suspensi dan roda atau ban.
Periksa tekanan angin pada ban minimal seminggu sekali. Pastikan tekanan ban kiri dan kanan sama dan sesuai dengan rekomendasi pabrik. Tekanan ban kiri dan kanan yang tidak sama menyebabkan mobil akan berjalan oleng pada saat kecepatan tinggi, hal ini sangat membahayakan. Tekanan ban yang kurang, akan menyebabkan kerja mesin menjadi berat dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros. Tekanan ban yang terlalu tinggi akan menyebabkan suspensi mobil terasa keras dan memperpendek usia shock absorber. Pastikan lubang angin ban diberi penutup, terutama bila memakai ban tubeless. Tanpa tutup, ban akan mudah kemasukan air dan membuat velg berkarat.
Periksa kondisi kembangan ban, bila kurang dari 20%, segera ganti, terutama pada waktu musim hujan. Jangan mengambil resiko dengan tetap memakai ban yang sudah tipis kembangannya.
Untuk shock absorber, cukup dengan menjaga beban muatan agar tidak berlebihan dan menghindari lewat jalan rusak dengan kecepatan tinggi, sudah cukup memperpanjang usianya.

Discussion

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Tips Membeli Mobil Bekas | Jelajah Surabaya - April 13, 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Anda pengunjung ke:

  • 27,593

Kalender tanpa pasaran

April 2012
M T W T F S S
« Feb   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kontak via YM

Facebook

Visitors

%d bloggers like this: