//
you're reading...
Tips dan opini

Cara Perawatan Hamster

Banyak orang yang menyukai dan ingin memelihara hamster. Selain lucu dan jinak, binatang ini juga relatif mudah untuk dipelihara. Tidak banyak menuntut perlakuan istimewa asalkan penangannya benar.
Cara merawat hamster adalah sebagai berikut

1. Kandang
Sebagai binatang yang lincah, hamster membutuhkan ruang gerak yang luas. Sehingga semakin luas dan besar kandang, semakin baik dan menyenangkan bagi hamster. Bahan kandang bisa terbuat dari alumunium atau kayu dengan konstruksi yang kokoh dan model yang mudah untuk dibersihkan.
Pada bagian bawah kandang sebaiknya diberi lapisan pasir, serbuk gergaji kayu atau sekam. Gunanya adalah untuk menyerap air kencing dan kotoran hamster. Lapisan ini sebaiknya diganti paling lama seminggu sekali. Hal ini untuk menghindari bau dan menjadi sarang penyakit.
2. Makanan
Di alam liar, hamster biasanya makan biji-bijian terutama biji bunga matahari. Beberapa makanan kemasan yang sudah jadi bisa diberikan untuk makanan utama hamster.
Beberapa makanan bisa dberikan sebagai selingan, seperti misalnya, kacang tanah, kenari, atau buah-buahan bisa diberikan seminggu sekali.
Makanan seperti wortel, jagung dll, bisa diperhatikan sesekali saja karena kesalahan makanan bisa menyebabkan gangguan gizi pada hamster, kesalahan makanan juga bisa mengakibatkan hamster mengalami diare, obesitas, atau bahkan gangguan kehamilan. Sayuran segar yang banyak mengandung air sebaiknya tidak diberikan samasekali.
Hamster habitat alamnya adalah di gurun yang jarang air, sehingga kebutuhan air biasanya terpenuhi cukup dari air yang terkandung dalam makannya. Tetapi bila dirasa perlu, tidak ada salahnya menyediakan tempat minum khusus buat hamster yang bisa dibeli di petshop. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai air minum ini tumpah dan membasahi hamster.
3. Perawatan
Hamster adalah binatang gurun yang hidupnya noctunal yaitu aktif dan keluar mencari makan pada waktu malam hari, sedangkan pada siang hari bersembunyi dan tidur di sarangnya yang berada dalam tanah. Jadi beberapa tindakan yang berlebihan sebaiknya tidak dilakukan, misalnya memandikan. Memandikan hanya membuat hamster akan merasa tidak nyaman dan bila kondisi hamster tidak fit malah akan menyebabkan kematian.
Bila hamster basah sebaiknya segera dikeringkan, hal ini untuk mencegah flu dan pneumonia yang bisa juga membuat hamster mati.
Menjemur di matahari juga tidak perlu dilakukan, hal ini sekali lagi dikarenakan hamster adalah binatang noctunal yang aktif pada malam hari, jadi sinar matahari hanya akan membuat hamster tersiksa.
Bila hamster melahirkan, anak-anaknya tidak perlu dipisah dari induknya. Informasi bahwa induk hamster biasa makan anaknya adalah salah dan menyesatkan. Bayi hamster akan mendapatkan perawatan terbaik bersama induknya. Memisahkan bisa menyebabkan bayi hamster kedinginan, kekurangan susu dll, yang menyebabkan kematian.
Begitulah tips cara perawatan hamster dari saya, selamat bersenang-senang dengan hamster anda.

Discussion

One thought on “Cara Perawatan Hamster

  1. tips yang bagus

    Posted by pemeliharaan mesin | August 8, 2012, 5:20 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Anda pengunjung ke:

  • 27,593

Kalender tanpa pasaran

April 2012
M T W T F S S
« Feb   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kontak via YM

Facebook

Visitors

%d bloggers like this: