//
you're reading...
Tips dan opini

Cara Bijak Menyimpan Uang

Selama ini menyimpan uang atau dana lebih yang kita miliki, paling aman adalah di tabungan atau deposito di Bank. Selain simpanannya dijamin oleh pemerintah, kelihatannya tidak ada resiko rugi karena selama kita menyimpan, maka akan mendapat bunga dari simpanan tersebut.

Yang menjadi masalah adalah bila bunga bank ini nilainya lebih kecil dari rata-rata angka inflasi yang terjadi di Negara kita.

Intinya bila uang kita simpan di bank, nilainya akan turun meskipun ditambah bunga dari bank tersebut.

Menyimpan uang  yang paling aman adalah dalam bentuk emas sebagai logammulia. Silakan dilihat harga logam mulia antam yang selalu naik. Kenaikan nilai logam mulia emas ini selalu lebih tinggi dari angka inflasi, dan jauh lebih tinggi dibanding bunga bank.

Untuk investasi, membeli emas batangan adalah cara yang paling mudah dan praktis, karena ongkos pengerjaan relatif kecil. Emas batangan bisa dibeli dalam satuan 5 gram, 10 gram, 50 gram, 100 gram dan seterusnya. Semakin besar kita beli, ongkos kerjanya semakin murah. Selisih ongkos kerja ini berkisar antara 10 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah. Banyak produsen emas lantakan yang bisa kita pilih, diantaranya emas antam, emas UBS dan sebagainya. Untuk lebih aman dalam berinvestasi, belilah emas batangan yang bersertifikat. Meskipun sedikit lebih mahal, tetapi akan lebih mudah dalam menjualnya kelak.

Bila kita ingin investasi sekaligus untuk penampilan, membeli emas dalam bentuk perhiasan adalah pilihan yang paling baik. Hanya saja, investasi dalam bentuk perhiasan harus dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Karena ongkos untuk pembuatan perhiasan seperti kalung, cincin dan sebagainya biasanya cukup besar. Hal ini cukup beralasan karena perhiasan emas dijual sebagai logam mulia dan sebagai hasil kerajinan. Semakin rumit, detail dan indah tentu saja harganya jauh di atas harga emas itu sendiri.

Kenaikan harga emas, rata-rata per tahun 20% sedangkan bunga deposito tidak pernah lebih dari 10%.
Untuk ilustrasi berikut adalah tabel kenaikan dana kita bila disimpan dalam bentuk deposito (bunga bank) dan kenaikan dana kita bila disimpan dalam bentuk logammulia emas.

harga logam mulia hari ini emas antam 2012

Untuk cek harga emas hari ini klik

Discussion

One thought on “Cara Bijak Menyimpan Uang

  1. Gan mau tanya, kalau harga Mas peshy skrg 1 ons piro? Wkwkwkwk

    Posted by adi | February 29, 2012, 2:28 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Anda pengunjung ke:

  • 27,593

Kalender tanpa pasaran

February 2012
M T W T F S S
« Jan   Apr »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Kontak via YM

Facebook

Visitors

%d bloggers like this: