//
you're reading...
Mobil dan Motor

Countdown Timer Lampu Merah di Surabaya

Sudah hampir satu bulan ini (sejak saya menyadari), countdown timer display yang biasanya ada di beberapa lampu lalu lintas, tidak kelihatan lagi. Contoh traffic light (TL) yg sekarang countdown timernya tidak ada yaitu di TL dekat TVRI, TL perempatan Jl. Kutei-Diponegoro, perempatan diponegoro-Dr. Sutomo dll.

Padahal menurut saya, countdown timer ini sangat besar manfaatnya. Diantaranya waktu lampu hijau, dengan adanya countdown timer ini dari jauh kita akan bisa memperkirakan apakah dengan kecepatan kita mempunyai waktu yang cukup untuk melewati perlintasan. Tanpa countdown timer, yang terjadi bila lampu hijau adalah ngebut dengan menambah kecepatan, dan yang sangat berbahaya adalah bila kurang dari sepuluh meter tiba-tiba berubah kuning kemudian merah. Waktu yang mungkin kurang dari 5 detik itu, kita harus bisa memutuskan menerobos atau segera menghentikan kendaraan. (Memang kebiasaan yang berbahaya ya..hehe).
Manfaat yang lain yaitu, bila pas lampu merah, kita jg mempunyai perkiraan waktu kapan lampu akan berubah hijau. Biasanya di lampu merah yang cukup lama (lebih dari 60 detik), saya bisa melakukan hal-hal yg tidak bisa dilakukan sambil mengemudi, misal balas sms, bbm dll, minum air putih yg saya bawa, atau bahkan saya bisa melepas sepatu safety saya dan ganti memakai sepatu biasa sepulang kerja. Tanpa countdown timer waktu lampu merah, kita benar-benar seperti orang tolol, masukkan gigi trus injak kopling nunggu lampu hijau siap-siap jalan..lama gak hijau-hijau, persneling di netralkan lagi. Eeeh..baru dinetralkan, lampu berubah hijau..
Jadi, countdown timer ini memang benar-benar berguna bagi saya.
Saya berharap countdown timer ini sedang dikalibrasi atau setidak-tidaknya sedang diperbaiki dan dalam waktu dekat akan dipasang lagi.

Discussion

One thought on “Countdown Timer Lampu Merah di Surabaya

  1. iyo saiki kok ake seng ilang yo

    Posted by Hardana | February 20, 2012, 3:19 pm

Leave a Reply

Anda pengunjung ke:

  • 27,593

Kalender tanpa pasaran

February 2012
M T W T F S S
« Jan   Apr »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Kontak via YM

Facebook

Visitors

