//
you're reading...
Tips dan opini

Belajar dari Kematian Adesagi (Ade Chandra Kierana Sagi)

Seperti diberitakan, salah satu designer papan atas Indonesia Ade Chandra Kierana Sagi atau yang akrab disapa Adesagi ditemukan meninggal di kamar mandi yang berdasarkan visum pihak kepolisian adalah karena keracunan gas CO (karbon monoksida).

Gas CO adalah salah satu gas yang tidak berwarna dan berbau, yang dihasilkan pada proses pembakaran yang tidak sempurna. Pembakaran, pada umumnya adalah proses penguraian (dekomposisi) material hydrocarbon menjadi CO2 (karbon dioksida) dan H2O (uap air) secara sederhana bisa ditulis sbb:

C-R + O2 —-> CO2 + H2O

Karena tidak sempurna maka reaksi yang terjadi bisa ditulis sbb:

C-R + O2 —-> CO + H2O

Nah, gas CO ini akan berusaha membentuk senyawa CO2 yang lebih stabil sehingga akan berusaha menangkap O2 untuk bereaksi sbb:

CO + O2 —-> CO2

Apa yang terjadi bila gas CO masuk ke tubuh?
Gas CO ini akan bereaksi dengan O2 (oksigen) dalam darah. Selanjutnya kekurangan atau bahkan tidak adanya O2 dalam darah mengakibatkan pasokan O2 yang seharusnya diterima sel-sel dalam tubuh untuk hidup jadi tidak ada. Akibatnya sel-sel tubuh akan mati atau rusak. Padahal sel-sel tubuh vital misal sel dalam otak, sama sekali tidak boleh mati atau rusak.
Kerusakan dalam hitungan detik menyebabkan korban lumpuh (mirip serangan stroke), jadi meskipun bisa saja masih sadar tapi korban sudah tidak bisa melakukan tindakan penyelamatan dirinya sendiri.

Beberapa kebiasaan yang beresiko keracunan CO dan bagaimana pencegahaannya adalah sebagai berikut:

1. Water heater di kamar mandi (seperti dalam kasus Adesagi).

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah meletakkan water heater di luar kamar mandi di tempat yang terbuka. Atau memasang exhaust fan untuk membuat sirkulasi udara jauh lebih baik.

2. Berdiam dalam mobil dalam keadaan mesin menyala.

Memang tidak pada semua mobil gas CO akan bocor sampai kabin penumpang, karena untuk mobil-mobil yang masih baru, sistem penyekatan masih bagus. Tapi alangkah bijaksananya jika kita membuka jendela mobil secukupnya agar ada sirkulasi udara meskipun kita menggunakan AC dalam mobil. Kita tidak pernah tahu, apakah sistem penyekatan akan bagus terus kan.
3. Menyalakan mesin mobil/motor dalam ruang tertutup.

Misal menyalakan mesin mobil/motor di garasi rumah. Sebaiknya mobil atau motor dibawa ke ruang terbuka bila mesinnya dinyalakan untuk pemanasan misalnya.
4. Merokok di ruang yang tertutup tanpa ada sirkulasi udara.

Meskipun sepengetahuan saya belum pernah ada kasus kematian karena kebiasaan ini, tapi alangkah bijaksananya bila kita merokok di tempat yang lebih terbuka. Dan yamg paling bijaksana adalahmenghetikan kebiasaan kita merokok.
5. Masuk sumur (tua).
Ini memang bukan kebiasaan. Tetapi harus ditulis karena seringnya kasus keracunan ketika masuk ke sumur (tua).
Kebanyakan kasus adalah korban masuk ke sumur misal untuk menguras atau yang lainnya, begitu sampai bagian bawah sumur, tiba-tiba lemas dan jatuh, biasanya masih sempat minta tolong. Rekannya yang di atas berinisiatif menolong dengan segera turun, yang malah menambah jumlah korban.
Untuk mencegahnya, periksa kecukupan oksigen di dalam sumur dengan mengikat sebuah lilin yang menyala pada seutas tali, kemudian turunkan lilin menyala tersebut ke dalam sumur. Bila lilin tiba-tiba mati, berarti kadar oksigen dalam sumur rendah atau bahkan tidah ada. Kalau memang harus melakukan suatu aktifitas dalam sumur, sebaiknya dipasang exhaust fan portable yang tugasnya menyedot gas dalam sumur sehingga bisa diganti oleh udara di atasnya. (Pemasangan exhaust fan ini juga berlaku untuk kegiatan yang dilakukan di bejana tertutup)

Demikian sedikit sharing dari penulis, semoga dengan sedikit pengetahuan ini bisa mencegah kejadian-kejadian seperti Adesagi di atas.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Anda pengunjung ke:

  • 27,593

Kalender tanpa pasaran

January 2012
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Kontak via YM

Facebook

Visitors

%d bloggers like this: