//
you're reading...
Uncategorized

Nasi Goreng/Mie Goreng Jawa, Salah Satu Makanan Lezat di Surabaya

Nasi goreng (nasgor) biasa dijual bersamaan dengan mie goreng/kuah. Ibarat toko pracangan yang menjual beras, pasti juga menjual gula.
Siapa saja yang pernah makan nasi goreng/mie goreng jawa pasti akan setuju kalo makanan ini diletakkan di deretan makanan-makanan lezat. Dengan aroma bumbunya yang gurih dan khas, nasi goreng jawa ini benar-benar mampu mengeluarkan semua enzim-enzim pencernaan dari tubuh kita sebelum kita menyantapnya. Dan menurut saya nasgor/mie jawa di Surabaya ini adalah khas, berbeda sekali dengan nasgor-nasgor yg ada di kota lain.
Sebelum saya memberikan rekomendasi nasgor/mie jawa yang paling enak di Surabaya, saya akan membahas apa yang menjadi ciri khas dari nasgor/mie jawa ini sehingga berbeda dengan nasgor/mie yang lain.
Dari bahan, nasi goreng jawa tidak begitu berbeda dari nasgor kebanyakan yaitu terdiri dari nasi, sayur sawi, dan kecambah (tauge). Yang menjadi ciri khas adalah irisan daging ayamnya adalah semacam ayam goreng, jadi ditambahkan dengan diiris tipis2 di atas nasgor, bukan dari daging ayam mentah yang kemudian ikut digoreng bersamaan dengan nasi. Kemudian, adanya telur rebus yang juga diiris tipis2. Menurut saya, aroma telur rebus ini juga membuat aroma nasgor jawa jadi khas.
Untuk bumbu, nasgor jawa memakai bumbu yang sudah ditumis sebelumnya dan biasanya penjual akan menumis bumbu tersebut dalam jumlah yang cukup banyak (kurang lebih untuk jualan semalam lah). Menurut saya, bumbu ini sepertinya diberi terasi sehingga aromanya menjadi khas.
Bumbu dan penyajian mie goreng jawa tidak banyak berbeda dengan nasgor jawa, bahkan menggunakan bumbu yang sama. Bahkan bila mie dan nasi ini dicampur menjadi satu makanan, namanya akan berubah menjadi nasi goreng mawut. Rasanya? Tetap lezat, bahkan bagi penggemarnya rasanya jauh lebih lezat.
Untuk rekomendasi, nasgor yang patut untuk dicoba adalah: nasgor pak mitro (ada di pujasera2 a.l pujasera kartika jl. Diponegoro, Sinar Supermarket Sukomanunggal, dll), Nasgor/mie Jawa Ngagel Jaya (lurusnya pucang anom timur, sebelah utaranya wisma musik melodia, jual malam sampai pukul 24an), Nasgor Jawa Cak Mu’in (ini di daerah perkampungan Jl. Pulowonokromo, kalo dari Jl.Raya Wonokromo, sebelum jembatan kali Wonokromo belok kiri,kira2 200 meter berada di sebelah kanan jalan, buka dari sore/petang sampai habis (kira2 tengah malam), kalo mau makan di Cak Mu’in sebaiknya dibungkus dibawa pulang aja, tempat gak representative..hehehe

Discussion

2 thoughts on “Nasi Goreng/Mie Goreng Jawa, Salah Satu Makanan Lezat di Surabaya

  1. Setuju beh… aku wis meh 15thn urip nduk jkt dsk tapi nek masalah sego goreng, gak tau nemu sing enak ng kene (prosoku)…. (opo awak dewe sing kurang pengetahuan kuliner jkt yo)… opo maneh mie/sego goreng tuk-tuk sing disurung… wis rasane podho kabeh. mgkn bumbune garek kulakan nduk pasar kramatjati.. sing dodol tinggal ngesor and nggoreng ngunu bekne yo…
    Tapi begitu juga sebaliknya… jare konco2 jkt-ku sego goreng nduk sby aneh.. warnane abang, dike’i saos…(ng jkt akeh-akehe cuma dikecapi )

    Btw, masalah kuliner jg, ojo kaget yen pas mangan soto ayam karo wong jkt, terus segomu mbok jegurno (campur) karo sotone – biasane disajikan terpisah soale – koen bakal diguyu karo koncomu hehehehe… aneh jarene.. Menurutku that’s the way you should enjoy soto, right?
    Siji maneh, jarene bakso nduk malang mie ne biru, mengerikan (!!?) , mungkin maksude bihune yo sing rodo semu biru…

    salam
    Syamsul of K31

    Posted by syamsul | February 18, 2012, 12:50 am
  2. Hehehe.. Iyo Beh, kabeh daerah ancen nduwe makanan dan kebiasaan khas dan unik dewe-dewe. Mangan soto ayam nang Jogja, iwak’e (ayam) gak onok blas nang kuwahe. Nek kepingin mangan ayam’e yo njupuk semacam sate (dagin utowo jorohan ayam sing disujeni).
    Perkoro bakso nang malang, tepate kelire kebiru-an, alias putih semu-semu biru (berarti ancen biru yo…hehehe). Iku karena warna opo proses pemutihan terigune sing kenemenen maleh dadi kebiruan. Malih eling jaman biyen, seragam sekolah sing kelire putih mangkak diblawuh (embuh zat opo iku) trus kelire sing asale putih mangkak malih kebiruan (seolah-olah putih…hahaha)

    Posted by ichwanmuchtaram | February 18, 2012, 3:03 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Anda pengunjung ke:

  • 27,593

Kalender tanpa pasaran

September 2011
M T W T F S S
« Sep   Dec »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Kontak via YM

Facebook

Visitors

%d bloggers like this: