//
you're reading...
Pertanian

Teknis Budidaya Kacang Hijau

Budi daya Kacang hijau pada umumnya ditanam di lahan sawah sebagai tanaman sela, yaitu disela-sela tanaman utama misalnya padi. Tanaman sela biasanya ditanam di pertengahan dan akhir musim kemarau. Hal ini dikarenakan kacang hijau tidak terlalu banyak membutuhkan air atau dengan kata lain, kacang hijau relatip tahan pada kondisi minim air.

Tentu saja, bila ditanam di lahan kering (tegal) tetap saja harus dilakukan di awal musim hujan karena kebutuhan air kacang hijau semata-mata bergantung pada curah hujan. Curah hujan bulan pertama sekitar 100-150 mm/bulan sedang pada bulan kedua antara 50-100 mm/bulan

VARIETAS
Beberapa Varietas Kacang Hijau mempunyai produktifitas yang tinggi diantaranya: Kutilang, Sampoeng, Camar, dan Merpati,
Varietas produktifitas rendah seperti Kenari, Sriti, dan Parkit sebaiknya dihindari saja.

TEKNIS PERSIAPAN LAHAN
Karena ditanam sebagai tanaman sela, maka persiapan lahan sebaiknya memanfaatkan kondisi tanaman sebelumnya.
A. Pada lahan bekas tanaman padi, lahan tidak perlu diolah.
Yang diperlukan hanya membersihkan batang padi hingga pendek.
Pada lahan kering (tegalan) tanah dibajak untuk menggemburkan tanah kemudian digaru, dan diratakan. Sisa tanaman dan gulma harus dibersihkan. Untuk menghemat biaya bisa menggunakan obat herbisida yang biasanya cukup efektif untuk membersihkan rumput dan gulma. Penambahan zeolit bisa dilakukan bila pH tanah cenderung asam.

Bedengan dan saluran drainase perlu dibuat dengan ukuran kedalaman 30 cm dan lebar 30 cm. Ini berfungsi untuk saluran drainase pada musim hujan dan saluran pengairan pada musim kemarau.

TEKNIS PENANAMAN
Pada lahan sawah bekas padi, penanaman bisa mengikuti jarak tanam padi di tunggul jerami yaitu sekitar 20 x 20 cm.
Pada lahan kering penanaman dilakukan dengan jarak tanam 40 x 15 cm atau 40 x 20 cm,

Tiap lubang diisi 2 biji benih sehingga jumlah tanaman sekitar 300.000 sampai 500.000 per hektar.

Penanaman dengan cara digejik, dengan kedalaman lubang tanam sekitar 3-4 cm. Lubang segera ditutup dengan tanah.

Penyulaman dilakukan untuk mengganti bibit yang jelek, kerdil atau mati. Sebaiknya dilakukan pada saat usia tanaman tidak lebih dari 7 hari.

PEMBERIAN PUPUK
Kacang hijau yang merupakan famili dari kacang-kacangan sebenarnya tidak perlu dipupuk. Tapi pemupukan bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus lagi.
Pupuk yang digunakan adalah urea atau dikombinasikan dengan NPK ketika tanaman masih berusia kurang dari 1 bulan dengan dosis 50 kg Urea, 50 Kg NPK, pupuk organik.

PENYIANGAN
Penyiangan dilakukan untuk menghilangkan kompetitor penyerap unsur hara dalam tanah. Idealnya dilakukan sesering mungkin tetapi minimal dilakukan 2 kali dalam 1 kali musim tanam.
Penyiangan  pertama dilakukan ketika tanaman berumur 2 minggu setelah tanam, tergantung populasi gulma. Kemudian yang kedua dilakukan pada umur 4 minggu.
Penimbunan dan penyiangan bisa dilakukan pada saat yang bersamaan.

PENYAKIT dan HAMA
Penyakit  kacang hijau yang utama antara lain adalah  embun tepung (Erysiphe polygoni), bercak daun (Cercospora canescens),dan penyakit puru (Elsinoe glycines).
Hama yang utama dari kacang hijau yaitu: kepik coklat Riptortus linearis, lalat kacang hijau Agromyza phaseoli, kepik hijau Nezara viridula, ulat jengkal Plusia chalcites, pengerek polong Maruca testutalis, dan Etiella zinckenella
Penyakit dan hama, pengendaliannya sebaiknya dilakukan dengan mengacu prinsip Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yaitu penggunaan pestisida dilakukan sebagai langkah terakhir ketika tindakan PHT yang lain tidak memberikan hasil yang bagus.

PEMBERIAN AIR
Pemberian air dilakukan pada saat tanam dan pada saat terbentuknya bunga (umur 3 minggu, terbentuk dan terisinya polong (umur 6 minggu), karena saat-saat tersebut tanaman banyak membutuhkan air. Pada saat yang lain kacang hijau relatif tidak banyak membutuhkan air.

About these ads

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Anda pengunjung ke:

  • 15,553

Kalender tanpa pasaran

April 2012
M T W T F S S
« Feb   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kontak via YM

Visitors

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: